Senin, 22 Oktober 2007

REsenSi

Judul Buku : Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan

Pengarang : Dr Suharsimi Arikunto

Penerbit : Bumi Aksara

Tempat Terbit : Jakarta

Tebal Halaman : 318 Halaman

Evaluasi merupakan hal yang penting dalam proses pendidikan dengan proses evalausi inilah prestasi belajar siswa dapat diketahui, dan dengan evaluasi ini pula kualitas pendidikan dalam suatu Negara bisa dibandingkan dengan Negara lain.

Evalusi atau penilaian dapat diartikan sebagai proses sistemik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi sutu program. Dalam penilaian pendidikan tidak hanya setidaknnya perlu memperhatikan ketiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Di dalam buku ini memuat cara penilaian dari ketiga aspek tersebut dengan bagian- bagian dari ketiga aspek da contoh-contoh yang mudah dipahami sehingga dapat memudahkan para pembaca dan orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk melakukan proses evaluasi. Walaupun buku ini dikarang tidak berdasarkan kurikulum KBK atau KTSP namun di dalamnya terdapat sistem penilaian yang dilaksanakan pada kuirkulum saat ini .seperti pada proses pengolahan nilai, disini disebutkan tiga sksla penilaian yaitu:

  1. Skala bebas artinya guru bebas memberikan nilai tertinggi kepada siswa, ada kalanya skor tertinggi 20, lain kali 25, lain kali lagi 50. ini tergantung dari nayak dan bentuk soal. Jadi angka tertinggi dari skala ini tidak sama. Cara pemberian angka yang demikian tidak sah.
  2. Skala 1-10 dalam skala 1-10, guru jarang memberikan angka pecahan, misalnya angka 5,5 dibulatkan menjadi 6. atau pada angka 6,4 pun akan dibulatkan menjadi 6. dengan demikian maka rentangan angka 5,5 sampai 6,4 (selisih hamper !) akan keluar di rapor dalam satu wajah, yaitu angka 6 penilaian ini menujunjukan penilaian yang agak kasar.
  3. Skala 1-100 dimingkinkan melakukan penilaian yang lebih halus karena terdapat 100 bilangan bulat yang dituliskan dengan 55 dan 64.
  4. Skala huruf pemberian nilai yang yang dilakkan dengan huruf A,B,C,D, dan E.

Namun di dalam buku ini sebagian masih mengunakan kallimat atau sub pokok yang sudah tidak digunakan pada sekarangan ini seperti pada kalimat tujuan intruksional khusus yang sekarang ini sudah tidak lagi berlaku.

Tidak ada komentar: